Alay tuh apa sih?

Gue pengen bikin survey deh, apa sih sebenarnya maksut dari orang-orang yang bilang tentang alay? Alay itu apa sih meaningnya? Alay itu dari mana asalnya? Banyaki sebenarnya yang terkandung dalam makna ALAY ini. Nah sekarang kita mulai sama what’s the meaning dari ALAY. Menurut dari survey yang gue lakukan sih, mereka pada bilang alay itu :

1. Anak Kampung

Kenapa mereka bisa berkata seperti itu ya? gue sendiri masih bingung. Mungkin gara-gara, rata-rata alay itu merupakan sebagian dari anak-anak yang kurang gaul yang berusaha menjadi gaul dengan cara penampilan atau tulisany yang so’ di gaul-gaulin. contoh: mereka berkata alay itu berpenampilan celana yang terlalu hipster, memakai celana kotak-kotak, rambut kaya andika kangen band, dan lain-lain. Dan dari segi tulisan mereka berpendapat tulisan alay itu gede kecil (iNtaN nAbiLa). Atau mungkin dalam tulisan mereka terdapat angka-angak (1nt4n n4b1l4). atau mungkin keduanya digabungin. Temen gue juga ada yang mengkategorikan alay modern, misalnya kaya gini tulisannya (akuh saiiank kmuh sangadh) -oke, kalo ngeliat tulisan itu, sepertinya dulu gue pernah jadi alay modern (Oh nooooooo) -__-“. Dan detik ini juga gue ngerasa menjadi orang paling bodoh sedunia.

2. Anak-anak yang nggak jelas suka nongkrong2, terus manggil2 “cewe”

Paling males ngga sih lo kalo lo lagi naek motor, jalan, lari, kayang (maaf tidak masuk dalam kategori), atau lagi jalan sama temen suka ada yang manggil “ceewweeeeee” terus siul-siul deh. Anda kaget kenapa saya bisa tau? Saya bukanlah seorang Mentalist (tapi seorang ilusonis, lho?), tapi saya juga cewe, jadi saya juga pernah mengalami hal-hal seperti itu. Lalu ingat kah anda? biasanya orang-orang seperti itu sedang berkumpul bersama teman-temannya di suatu tempat khusus yang hampir setiap hari mereka datangi. Nah, apakah anda pernah memikirkan? mengapa mereka seperti itu? Kalau saya setiap hari, tapi tak pernah menemukan jawabannya. Kalau ada yang tau contact saya saja.

Gue baca dari blog seseorang yang namanya Onta, tentu saja nama kita samarkan, dia ngeposting tentang alay, berikut tulisannya.

ALAY

Apa sih arti alay menurut lo?Berdasarkan kata-kata nya alay itu artinya Anak LAYangan,jadi di singkat ALAY.Namun,penggunaan alay kini telah meluas pada kalangan anak jaman sekarang sebagai anak-anak yang pake celana kekecilan terus mukanya ga cocok sama gaya berpakaianya makanya disebut alay.KAlo kata sodara gw,alay itu biasa disebut Culture Shock yang dapat diartikan dengan Kejutan Budaya.

Bener juga sih,celana kekecilan itu khan biasa dipake sama Rocker Amerika jaman dulu.Tapi kenapa gaya pakaian itu berkembang lagi di zaman kayak gini?

Ok,berikut adalah sudut pandang dan pemikiran gw tentang Alayisme..

Kalo gw pribadi sih,nyebut hal ini biasanya dengan kata “Norak”.Kenapa?Karna kalo alay,kayaknya gmanaaaa gtu.

Gw ga akan ngebahas apa arti kata alay itu,tp apa saja jenis-jenis alay itu dan siapa saja yang pantas disebut alay.Menurut gw alay itu adalah orang-orang yang sok ngerti tentang sesuatu padahal dy ga ngerti apa-apa tentang itu.Berikut ini adalah contohnya,Pada tau music Regge khan?Reggae itu adalah aliran music dari jamaika yang tercipta karena masyarakat jamaika pada zaman dahulu malas menyanyikan music Salsa yang notabene dinyanyikan sambil menari.Karna pada saat itu cuaca di jamaika sangat panas,maka orang-orang malas menari melainkan hanya bermalas-malasan dan bersenandung .Musik inilah awal mula Regge.

Sebenarnya Reggae itu sudah mulai masuk ke Indonesia pada awal-awal tahun 80an.Tapi as we can see,belum begitu banyak penikmat regge di Indonesia sehingga regge hanya dapt ditemui di Beberapa club di Jakarta.Namun pada tahun 2006,regge muncul kembali dan sukses di pasaran berkat band yang Bernama Steven and the coconut treez sehingga mulai pada saat itu banyak anak muda(Alay) yang menggunakan pakaian serta attribute-attribute bergambar bob marley,Daun ganja ataupun warna bendera jamaika.

Mengapa hal ini disebut alay?orang yang mengikuti tren ini saya sebut alay karena mereka ikut-ikutan memakai baju dan attribute reggae itu hanya karna “Banyak yang pake”.

Coba deh Tanya sama mereka apa yang mereka tau tentang reggae?paling mereka cuman ngasih tau hal-hal general aja.Misalnya,Tanya deh siapa musisi regge yg mereka suka,paling mereka jawab Bob marley.Lalu coba deh kalian Tanya sama mereka,lagu bob marley mana yang mereka suka,paling mereka jawab no woman no cry(palingan juga mereka tau lagu ini karena mereka denger di salah satu iklan yang theme song make nada lagu ini)..

Ini yang ga gw suka..

Sama seperti orang yang bilang gila sama anime-anime jepang tp cuman taunya Dragon ball sama Doraemon.

Sama kayak orang yang bilang gila sama lagu-lagu taun 80an tp taunya cuman the beatles atau elvis preasley..

Sama kayak orang yang bilang suka sama music Rock luar negri tapi yang mereka tau Cuma My chemical Romance..

Nah,,yang kayak gitu yang disebut dengan alay menurut gw.

Orang-orang yan cuman ngikutin main stream..

Nah,disekitar gw saat ini,banyak orang yang ALAY teriak ALAY.Ada yang ngata-ngatain kangen band jelek padahal mereka suka sama Wali dan ST 12 yang aliran musiknya sama saja sama kangen band tp bedanya cuman di muka.Terus juga banyak ALAY-ALAY Gaul yang bilang Ungu gaya busananya norak tapi mereka suka sama Peewee Gaskin yang padahal gaya busananya jg kyk ungu,cuman bedanya peewee Gaskin itu band Indie yang agak terkenal sehingga ada suatu kebanggaan kalau mereka suka sama peewee gaskin.

Lalu,banyak juga yang sok tau sama Jepang padahal band yang mereka tau cuman Band Lokal yang namanya J.ROCKS.Mereka bilang lagu J.ROCKS itu jepang bgt(ya iyalah,orang lagu-lagunya J.rocks itu lagunya L’Arc~en~ciel yang ditranslate).Mereka cuman tau gaya busana jepang yang “Ngga nyambung” itu namanya Harajuku style,padahal gaya busana jepang itu ada banyak seperti contoh Visual kei style,dan beberapa lagi ngikutin gaya busana eropa kayak Gothic Lolita sama Algorian style.

Makanya,buat para readers jgn sampe yah jadi orang yang kayak gw sebutin diatas.

Jadi menurut Mr. Onta atau yang biasanya manggil gue dengan sebutan Mba’ Hannah montana, alay itu seperti itu, jadi apakan anda Alay? yang tau hanya anda.

6 Responses to “Alay tuh apa sih?”

  1. Fitri Says:

    wew…akhirnya ada yang membahas apa itu alay…hehehe
    menurut aku siih,, alay adalah orang2 pengganggu mata…:p*maaf yaa
    tapi emang dipikir2 lagii,,kita juga ga adil sii menjudge mereka alay,,kenapaa???karena toh itu hak hidup mereka,,mau jungkirbalik jumpalitan juga bodo amat…asalkan mbok yaa mereka jgn mengganggu orang lain dg hak hidup mereka ituu…contoh “godain para wanita2”,,plis deh,,ini tuh annoying bgt…atau,,kalo ngikutin style jaman skrg yaa jgn keterlaluan…sewajarnyaalaah dg kondisi budaya di indonesia gmn…gituu…intan,,i love your blog..cup…^^

  2. intan1994 Says:

    Makasih ya kk ku sayaaaanggg, hehe. muah.

  3. Gery_Fathurrachman Says:

    zzz,ngambil postingan orang sembarangan..
    Grrr..
    Btw numpang ngasih link nih tan http://www.eclaireblack.blogspot.com..

    thanks

  4. resi Says:

    alay itu orang mALAYsia… hahaha

  5. Nanzu Rezuta Says:

    weekkekekekeke … lucu² …


Leave a comment